Jumat, 13 Agustus 2010

LOKAKARYA MULTIPIHAK MODEL KONSEPTUAL

Senin, 12 Juli 2010 jam 10.00 Wib, Efrizal Adil (Manager Kampanye) memaparkan hasil Survei paska Program, dimana pengetahuan dan pemahaman anggota kelompok serta petani lainnya di sekitar Dolok Sibualbuali dan Dolok Lubuk Raya terhadap fungsi hutan dan Usaha Bersama Simpan Pinjam (UBSP/CU). Termasuk dengan terlihatnya niat baik bersama kelompok dalam menyelamatkan hutan sebagai habitat orangutan Sumatera, adanya rehabilitasi lokasi hutan yang dibuka untuk usaha perkebunan telah kembali dihutankan dan ditanami dengan pohon-pohon cemara hutan, dan lainnya.
Kemudian Bapak Sulaiman Harahap, yang mewakili dari BAMUS Harajaoan Marancar menyampaikan, bahwa program UBSP/CU yang dikembangkan Yayasan Pekat dan RARE mampu membuka wacana berpikir dan berbuat lebih baik bagi masyarakat petani di Marancar. Petani lebih paham tentang memanfaatkan lahan dengan baik, serta petani lebih kritis dalam memandang keberadaan hutan bagi kehidupan sehari-harinya. Selanjutnya beliau juga menambahkan bahwa Yayasan Pekat mampu juga melibatkan kebudayaan daerah menjadi sebuah kekuatan yang sinergis dengan konservasi kawasan hutan di Marancar.
Acara Fokus Group Diskusi (FGD) Paska Program ini di hadiri oleh perwakilan dari kelompok UBSP/CU, Aparat Desa Aek Nabara, Janji Manaon, Sugi Jae dan Sugi Julu, kemudian dari Pemerintah Kecamatan Marancar, dan Forum Masyarakat Batang Toru. Jumlah peserta lebih kurang 20 orang. Acara ini berlangsung di salah satu ruang kelas SD Negeri Poken Arba, Marancar.
Diakhir acara, diperoleh rekomendasi yaitu (1) memperkuat manajemen organisasi UBSP/CU yang telah terbentuk, (2) Menghidupkan kembali lembaga adat upaya meyelamatkan kondisi hutan di sekitar Marancar, (3) Memberdayakan dana UBSP/CU untuk mengembangkan usaha mandiri yang berorentasi konservasi, (4) Tahun 2011 akan dibentuk UBSP/CU Inti di kecamatan Marancar, (5) dibentuk Panitia Kerjasama yang akan menggalang pendanaan dalam mengembangkan program kerja UBSP/CU kedepannya. Acara berakhir jam 14.30 Wib dan dilanjutkan dengan makan bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar